Kamis, 10 Desember 2015

Cegah Alergi Pada Anak Dengan Teknik Tepat Mencuci Baju

Bukan hanya masalah menghilangkan noda, namun membersihkan pakaian Si Kecil, faktor kehigienisan juga harus diperhatikan. Kulit bayi ataupun anak yang masih sensitif memerlukan perhatian khusus dari orangtua.


Ingat untuk selalu mencuci bajunya terlebih dahulu sebelum Anda memakaikannya pada Si Kecil. Namun, jika tidak hati-hati saat mencuci, bukan tidak mungkin pakaiannya justru akan menyebabkan timbulnya alergi.

Saat mencuci, pastikan Anda memilih sabun cuci yang bersahabat dengan kulit bayi dan anak. Pastikan detergen yang Anda pilih bebas pewangi dan pelembut kain. Unsur pewangi yang terdapat dalam detergen dapat menimbulkan alergi pada kulit anak, terlebih jika kulit anak Anda tergolong sensitif.

Sebaiknya pilih detergen dalam bentuk liquid atau cair karena residunya lebih mudah dibersihkan jika dibandingkan dengan detergen bubuk. Pemilihan detergen juga bisa meminimalisasi kemungkinan alergi pada anak yang disebabkan oleh pakaian.

Jika anak Anda masih menggunakan cloth diaper (popok celana), maka hindari mencucinya secara bersamaan dengan pakaian lain. Bersihkan dulu cloth diaper di toilet sebelum Anda mencucinya, kemudian gunakanlah air panas untuk membantu menghilangkan noda membandel. Perlu diingat, air yang digunakan bukanlah air mendidih.

Sebagai pembersih alami, Anda bisa menggunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan air hingga membentuk cairan agak kental. Kemudian, oleskan pada pakaian Si Kecil. Baking soda dapat membantu menghilangkan noda, bau, dan juga melembutkan pakaian.

Saat menjemur, pastikan pakaian benar-benar kering. Pakaian yang lembap bisa mendatangkan jamur penyebab bau. Baju lembap pun cenderung lebih mudah tertempel kuman ataupun bakteri yang bisa saja membahayakan kesehatan anak. Perhatikan jenis bahan sebelum Anda mengeringkan pakaian. Ada beberapa jenis bahan yang sebaiknya dikeringkan secara manual agar tidak cepat rusak.

Tulisan ini dari Beritagar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar