Jumat, 01 Januari 2016

Tahun 2016 XL Axiata Bidik Lima Kota Ini

PT XL Axiata Tbk. fokus menggarap lima kota yang berada di wilayah luar Jawa untuk memperluas jangkauan layanan 4G LTE sekaligus menggenjot pangsa pasarnya di kawasan ini.


Adapun, kelima kota tersebut adalah Banjarmasin, Manado, Balikpapan, Pontianak, dan Makassar.

Pasalnya, Chief Strategic Partnership Officer XL Axiata Johnson Chan mengatakan pangsa pasar di kawasan ini masih di kisaran 5%-10%. Padahal pangsa pasar di Pulau Jawa telah mencapai di kisaran 50%.

"Kami harus mengakui brand awareness XL terutama Sulawesi belum begitu bagus sehingga ekspansi layanan 4G di sini sekaligus akan digunakan untuk memperluas pengenalan brand kami," katanya kepada Bisnis.com, Senin (21/12/2015).

Untuk Pulau Sulawesi, peluncuran 4G dilakukan pertama kali di Kota Manado. Secara bertahap, peluncuran akan dilakukan di empat kota selanjutnya secara bertahap hingga tahun depan.

Tak hanya itu, perusahaan telah menyiapkan setidaknya 36 menara pemancar (base transceiver station/bts) untuk mendukung peluncuran 4G di Manado.

Dalam lingkup Pulau Sulawesi dan Kalimantan, perusahaan telekomunikasi ini mengklaim telah membangun 2.500 bts jaringan 4G.

"Kami akan melihat potensi pasarnya terlebih dahulu, lalu pembangunan bts dan perluasan jaringan akan menyusul," ungkap Vice President XL North Region Francky Rinaldo Pakpahan.

Hingga akhir tahun, pihaknya menargetkan 3.000 konsumen untuk mengganti SIM card ke mode 4G di Kota Manado.

"Pengembangan layanan 4G sudah dilakukan di 19 kota sedangkan sampai akhir tahun akan ditambah menjadi 35 kota," tambahnya.

Sementara ini, jangkauan 4G masih terbatas di Kota Manado dan sekitarnya. Dalam jangka panjang, dirinya mengharapkan jangkauan bisa menembus hingga ke Kota Bitung, Kotamobagu, dan Tomohon.

Tulisan ini dari Bisnis.com.

1 komentar: