Jumat, 30 Oktober 2015

XL Mendukung Dekranas Pasarkan Produk Kerajinan Indonesia

PT XL Axiata Tbk (XL) menjalin kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dalam pemanfaatan layanan internet dan digital. Kerja sama  bertujuan mengenalkan sekaligus mengembangkan kerajinan hasil usaha para perajin Indonesia.


Layanan internet dan digital dipandang perlu sebagai sarana yang strategis untuk promosi produk kerajinan nasional agar bisa lebih dikenal oleh pasar yang lebih luas, termasuk secara global. Ketua Harian Dekranas, Hj. dr. Erni Tjahjo Kumolo dan Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, menandatangani nota kesepahaman di Jakarta, Kamis (22/10).

Hj. Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Umum Dekranas, menyambut baik kerja sama ini. “Apresiasi atas kerja sama untuk pembelajaran, promosi dan pemasaran e-commerce bagi para perajin, dengan memanfaatkan internet dan teknologi bergerak (internet & mobile technology) dari mitra Sisternet dan Elevenia," kata Mufidah.

Ditambahkan bahwa pemanfaatan internet sangat diperlukan, karena dengan internet dan telekomunikasi digital para perajin dapat langsung mempromosikan dan memasarkan produk kerajinannya, tidak hanya dalam negeri tetapi juga ke luar negeri.

Dian siswarini menjelaskan sesuai dengan visi pemerintah ke depan, XL telah berkomitmen kuat untuk ikut menyiapkan masyarakat menuju era digital. Kerja sama ini merupakan salah satu implementasi dari visi tersebut, di mana XL dan Elevenia siap untuk memfasilitasi para perajin di berbagai wilayah Nusantara dalam mengenalkan produknya ke pasar yang lebih luas, termasuk agar dikenal hingga ke manca negara.

Kerja sama mencakup penyediaan website www.dekranas.id , sosialisasi dan edukasi mengenai e-commerce atau pemasaran secara digital, pemasaran produk kerajinan melalui Elevenia, serta promosi melalui layanan mobile advertising dari XL.

Website www.dekranas.id akan menjadi portal informasi mengenai organisasi Dekranas sendiri, serta berbagai data mengenai perajin serta produk kerajinan yang diproduksi.

Dengan adanya website yang lengkap dari sisi informasi, maka masyarakat luas Indonesia dan internasional akan bisa dengan mudah mendapatkan rujukan yang memadai mengenai produk kerajinan asli Indonesia yang berasal dari berbagai daerah. Website www.dekranas.id sudah bisa dimanfaatkan mulai saat ini dalam versi desktop dan mobile.

Tulisan ini dari Beritagar.

1 komentar:

  1. Bagus kalau kerajinan asli Indonesia dibantu promosinya, seperti yang dilakukan XL dengan situs Dekranas ataupun melalui elevenia http://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/15/10/22/nwmcoq219-xl-dukung-dekranas-pasarkan-produk-secara-digital

    BalasHapus