Selasa, 10 November 2015

Musim Hujan, Pengendara Sepeda Motor Dimungkinkan Masuk ke Jalan Tol

Situasi lalu lintas di Jakarta menjelang musim hujan diupayakan agar tetap lancar. Salah satu poin pendukung kelancaran lalu lintas, terlebih jika terdapat genangan yang cukup tinggi, adalah dengan memperbolehkan pengendara sepeda motor masuk ke jalan tol.


"Kami antisipasi supaya sepeda motor bisa masuk ke jalan tol. Cuma, itu langkah terakhir yang kami ambil. Kami juga sudah koordinasikan ke Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) tentang hal ini," kata Wadirlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Valentino Alfa Tatareda kepada pewarta, Selasa (10/11/2015) sore.

Kebijakan untuk membuka akses pengendara sepeda motor melalui jalan tol dilaksanakan dengan catatan polisi sudah menyiapkan jalan aman bagi para pengendara. Jalan aman disiapkan agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas selama pengendara sepeda motor masuk di jalan tol yang rata-rata dilewati oleh mobil dengan kecepatan sedang hingga tinggi.

"Misalnya, kami bisa menaruh cone-cone khusus untuk jalur sepeda motor supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan," tutur Valentino.

Rencana itu termasuk di dalam persiapan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) Banjir 2015. Satgas ini resmi beroperasi sejak hari ini hingga musim hujan usai.

Dalam melaksanakan tugasnya, polisi lalu lintas bekerja bersama elemen lain, seperti dinas-dinas terkait dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, tim SAR, TNI, dan sebagainya.

Tulisan ini dari Kompas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar