Sabtu, 07 November 2015

XL Sentuh Pengguna Internet ke Wilayah Terpencil

PT. XL Axiata Tbk (XL) akan memberikan layanan internet dan digital di wilayah terpencil di Indonesia.


Merealisasikannya, XL bekerjasama dengan Google, salah satu perusahaan Teknologi Informasi terbesar di dunia. Dalam proyek uji coba “Project Loon” dilangsungkan di kantor google di Amerika Serikat.

"XL melihat kesempatan ini untuk bisa mengatasi hambatan geografis wilayah Indonesia melalui Project Loon. Ini salah satu cara memajukan Indonesia melalui penggunaan layanan internet dan digital,” ujar Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/10/2015).

Akses informasi menjadi salah satu kunci kemajuan di era digital saat ini. Layanan Internet yang memadai menjadi kebutuhan penting agar bisa membantu mempercepat pembangunan dan perekonomian di daerah-daerah terpencil.

Michael Cassidy mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan XL Axiata untuk memulai pengujian proyek balon internet di Indonesia.

Uji coba ini merupakan langkah penting menuju membawa Indonesia menjadi lebih online, dan bersama-sama.

"Kami berharap dapat menjangkau puluhan juta orang-orang yang saat ini tidak memiliki akses ke jaringan internet," jelas Michael

Project Loon merupakan program yang digagas oleh Google Inc. di mana teknologi yang diusung bertujuan untuk menyebarkan koneksi internet di daerah-daerah terpencil yang tak terjangkau oleh koneksi internet kabel maupun sinyal dari operator selular.

Project Loon menggunakan balon udara bertenaga matahari yang akan mengudara di ketinggian sekitar 20 km di atas permukaan laut yang befungsi layaknya menara pemancar. XL akan melakukan integrasikan dengan Project Loon melalui 4G LTE di frekuensi 900 Mhz.

Tulisan ini dari Tribun News.

1 komentar:

  1. Project Loon dapat membuat wilayah terpencil terjangkau layanan komunikasi. XL dapat terlibat dalam kerjasama ini tentu hal yang bagus. http://batam.tribunnews.com/2015/10/29/xl-sentuh-pengguna-internet-ke-wilayah-terpencil

    BalasHapus