Sabtu, 14 November 2015

Serba Jahe Untuk Hangatkan Tubuh

Menikmati hari-hari pada musim hujan paling enak ditemani minuman hangat. Teh, kopi, atau susu mungkin biasa dinikmati pada hari-hari biasa. Mungkin inilah saatnya Anda mencoba minuman jahe. Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga dapat meningkatkan stamina tubuh, menyembuhkan diare, bahkan sampai mengobati flu yang biasa dialami saat musim hujan.


Minuman serba jahe ternyata cukup banyak jenisnya. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan bosan mengonsumsi minuman dari jahe.

Bandrek

Bandrek merupakan minuman khas tanah Sunda. Minuman ini terbuat dari bahan dasar jahe dan gula merah. Di beberapa daerah, ada juga yang ditambahkan juga rempah lain seperti serai, merica dan pandan. Jangan lupakan kelapa kerok yang menambah cita rasa minuman hangat ini.

Susu jahe

Tak sulit membuat minuman yang satu ini. Sesuai namanya, Anda hanya butuh susu dan jahe untuk mendapatkan secangkir kehangatan di musim hujan ini.

Wedang ronde

Ronde merupakan bulatan-bulatan dari tepung ketan yang biasanya diisi kacang. Semangkuk wedang ronde biasanya terdiri dari beberapa bulatan ronde yang diberi kuah dari jahe dan gula. Selain itu, ada juga yang menambahkan kolang-kaling dan kacang tanah yang sudah digoreng.

Sekoteng

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah. Sekoteng merupakan perpaduan dari pacar cina, potongan roti, dan kolang-kaling yang diberi kuah jahe yang hangat. Sekoteng juga biasanya diberi taburan kacang tanah goreng.

Kembang tahu

Kembang tahu dibuat dari sari kedelai yang diolah menjadi seperti tahu sutra. Teksturnya lembut dan rasanya gurih. Kembang tahu disajikan dengan kuah jahe yang diberi tambahan rempah lain seperti serai, daun pandan dan daun jeruk. Ini bisa jadi alternatif mengonsumsi jahe di musim hujan.

Tulisan ini dari Beritagar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar